4. Banyak kapur berwarna ada 117 batang. Kapur putih lebih banyak 43 batang. Berapa jumlah kapur seluruhnya?
Jawaban:
117 + 43
117 = 100 + 17
43 = + 43
= 100 + 60
= 160
Jadi, jumlah kapur seluruhnya adalah 160 batang.
Buatlah soal cerita tentang penjumlahan! Tukarkan pertanyaanmu dengan teman di dekatmu, lalu jawab pertanyaan temanmu.
Jawaban:
Pertanyaan:
Seorang pedagang memiliki 350 duku. Lalu pedagang itu membeli duku lagi sebanyak 200 buah. Berapakah banyak duku pedagang itu sekarang?
Jawaban:
350 duku + 200 duku = 550 duku
Jadi, banyak duku pedagang itu sekarang adalah 550 buah.
Pertanyaan:
Koperasi SD Cerdas tersebut menjual 250 penggaris. Kemudian koperasi itu membeli lagi 100 penggaris. Berapakah banyak penggaris yang ada pada koperasi SD Cerdas tersebut?
Jawaban:
250 penggaris + 100 penggaris = 350 penggaris.
Jadi, banyaknya penggaris yang ada pada koperasi SD Cerdas adalah 350 penggaris.
Pertanyaan:
Ibu membeli 3 kotak pensil. Masing-masing kotak terdapat 80 pensil. Maka jumlah keseluruhan pensil adalah?
Jawaban:
80 + 80 + 80 = 240 pensil
Jadi, jumlah keseluruhan pensil adalah 240 pensil
Pertanyaan:
Yuni memiliki 245 karet gelang. Lalu ibu memberiakan lagi Yuni 50 karet gelang. Berapa banyak kah karet gelang milik Yuni sekarang?
Jawaban:
245 karet gelang + 50 karet gelang = 295 karet gelang.
Jadi, banyaknya karet gelang milik Yuni sekarang adalah 245 karet gelang.
Pertanyaan:
Seorang ayah memiliki 150 ekor ternak ayam. Kemudian dia membeli lagi ayam sebanyak 100 ekor. Berapakah jumlah ayam ayah sekarang?
Jawaban:
150 ekor ayam + 100 ekor ayam = 250 ekor ayam
Jadi, jumlah keseluruhan ayam milik ayah adalah 250 ekor.
Ayo Berkreasi
Warnailah gambar yang sudah kamu buat pada pelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat melengkapi gambarmu dengan gambar lain yang sesuai.
Contoh gambar:
Baca juga:Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 2 Halaman 125 126 127 128, Subtema 3 Pembelajaran 5
Baca juga:Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 2 Halaman 112 113 114 115 116 117, Subtema 3 Pembelajaran 3
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Siswa diminta membuat soal mengenai penjumlahan bilangan tiga angka. Soal dijawab siswa dan didiskusikan bersama orang tua.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.